Rabu, 24 Februari 2010

GameTeknologi (tugas minggu ke-3)

Game Teknologi

Pengertian

Game atau bisa kita sebut sebagai permainan. Pengembangan game tersebut saat ini sudah sangat baik khususnya di bidang teknologi game. Arti dari game teknologi sendiri adalah pengembangan teknologi game berupa perbaikan di grafik serta bentuk-bentuk objek yang sudah berbentuk 3 dimensi dengan menggunakan hardware dan software yang sangat baik dan berkualitas tinggi. Bentuk-bentuk game teknologi yang ada saat ini seperti game online (RissingForce(RF), PerfectWorld,dll) serta perkembangan dari Playstation 2 ke Playstation 3 yang tahun ini sedang booming. Sesuai yang saya jelaskan di atas kualitas grafik menjadi kelebihan dari game console tersebut di karenakan bentuk objeknya hampir menyerupai aslinya.

Tahap-Tahap Pembuatan Game

Tadi telah dijelaskan bahwa game teknologi adalah perangkat untuk membuat game. Lalu tahap-tahap apa saja yang akan kita kerjakan dalam pembuatan game? Tahap-tahap yang harus kita kerjakan adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Genre game

2. Tentukan tools yang ingin digunakan

3. Tentukan Gameplay game

4. Tentukan grafis yang ingin digunakan

5. Tentukan suara yang digunakan sebagai latar dalam game

6. Lakukan perencanaan waktu

7. Proses pembuatan

8. Lakukan publishing

Teknologi yang di pakai dalam game:

Game dapat dibuat dengan beberapa bahasa pemrograman yang umum dan telah kita kenal sebelumnya seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya. Salah satu contohnya adalah pembuatan interface berupa peta/map yang ada di game Defense of the Ancient atau sering dikenal dengan DoTA yang populer setelah disertakan pada game Warcraft. Sourcecode dari game DotA ini terbuka bagi developer yang ingin mengembangkannya sehingga tercipta berbagai bentuk yang berbeda-beda.

Profesi-Profesi dalam pembuatan game:

Profesi atau tenaga ahli yang ada di dalam pembuatan game adalah:

  1. Game design (yang membuat desgin game mulai dari pembuatan map, karakter dsb).
  2. Excutive producer ( orang yang bertanggung jawab pada pendanaan game dsb).
  3. Team lead ( pemimpin team).
  4. Art director.
  5. Llead designer.
  6. Lead technical artist.
  7. Producer.
  8. Writer & Creative director (skenario game).
  9. Programmer (bertugas mengerjakan sourcecode game tersebut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar