Selasa, 02 November 2010

Subnetting pada Kelas B

Karena ada tugas membuat subnetting, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang perhitungan subnetting uttuk kelas B. Sebelumnya, apa sih subnetting itu?????dan buat apa sih subnetting itu??? Subnetting adalah teknik atau konsep yang digunakan di internet untuk mengefisienkan alokasi IP Address dalam sebuah jaringan sehingga dapat memaksimalkan penggunaan IP Address. Biasanya subnetting digunakan untuk memecahkan masalah topologi network dan organisasi, selain itu Subnetting juga digunakan untuk memindahkan garis pemisah antara bagian Network dan Host pada suatu IP Address. Subnetting nantinya akan menghasilkan Network ID baru dari hasil pengorbanan Host ID. Proses dari subnetting dapat membagi sebuah network menjadi beberapa subnet.

Sekarang saya akan melakukan subnetting untuk kelas B dengan mencari 12 Network ID yang digunakan dalam jaringan. Tetapi sebelumya, saya akan memberikan sedikit penjelasan yang berhubungan dengan kelas B. Kelas B memiliki subnet mask 255.255.0.0 yang berarti jika dirubah ke bilangan biner adalah

11111111.11111111.00000000.00000000

dengan 16 bit pertama merupakan bit-bit Network, sedangkan 16 bit berikutnya merupakan bit-bit Host. Setelah kita ketahui bilangan biner dari kelas B, sekarang kita mencari 12 Network ID dari setiap oktet nya yang terdiri dari 8 digit bilangan biner. Lihat gambar dibawah ini :


8 digit per oktet dalam alamat IP

Dari gambar diatas kita bisa menemukan 12 Network ID berada di antara digit ke 4 dan 5 atau diantara nilai 8 dan 16 (yang didalam kotak). Kita dapat menulisnya seperti dibawah ini :

Kemudian, sekarang kita akan memulai perhitungan untuk mendapatkan 12 Network ID yang kita inginkan dan mendapatkan kelompok IP yang dapat dipakai.


Maksud gambar diatas adalah bilangan biner dari subnet mask kelas B. Lalu, yang saya beri kotak itu merupakan oktet ketiga untuk range dalam biner.

Saya mengambil contoh IP Address kelas B yang digunakan adalah 172.16.0.0. Lihat Tabel di bawah ini :

Dari tabel diatas akan digambarkan jaringannya :




sumber:

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/IP_address

http://jujupertama.wordpress.com/2010/11/02/subnetting-kelas-b/#more-335

http://hilmanaditya.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar